Toyota C-HR Segera Meluncur

 Toyota C-HR Segera Meluncur

Mobil-mobil Baru Ini Menyusul , Toyota C-HR Segera Meluncur

April 2018 pasar otomotif di Indonesia akan dimeriahkan sejumlah produk terbaru. Tiga model yang paling santer segera mengaspal adalah Toyota C-HR, Suzuki Ertiga terbaru, dan Sokon Glory 580.

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto memastikan bahwa Toyota C-HR hadir di Indonesia dalam waktu dekat ini. Soerjo berjanji akan segera memberikan informasi detail tentang Toyota C-HR, termasuk soal harga, waktu peluncuran, dan spesifikasinya. “Saat ini kami sedang dalam tahap persiapan,” kata Soerjo kepada Tempo, Selasa, 27 Maret 2018.

Soerjo menambahkan bahwa sejak kehadiran mobil konsep  Toyota C-HR di pamerah otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show dua tahun lalu telah mendapatkan respon positif, baik dari dealer maupun pengunjung. “Hal ini yang membuat kami berusaha sesegera mungkin membawa mobil ini ke Indonesia,” ujarnya.

Menurut Soerjo, pemesanan Toyota C-HR saat ini belum bisa dilihat karena memang belum ada harga atau barang. “Tapi animo masyarakat yang bertanya memang cukup banyak,” tuturnya.

Pada Selasa, 27 Maret 2018, sebuah pesan singkat yang dikirim melalui WhatsApp masuk ke awak redaksi Tempo. Pesan itu dikirim seorang sales mobil Toyota dari salah satu dealer Toyota di Jakarta. Sales itu menginformasikan bahwa Toyota C-HR sudah bisa dipesan mulai April 2018. “Toyota C-HR sudah bisa dipesan bulan depan, tanda jari Rp 5 juta,” tulis sales itu.

Sumber Tempo menyebutkan bahwa Toyota C-HR yang masuk ke Indonesia akan menggunakan mesin 1.8L, sama seperti Toyota C-HR di Malaysia. Mesin dengan kode 2ZR FE pada Toyota C-HR sama seperti yang digunakan pada Toyota Corolla Altis. Toyota C-HR bermesin 1.8L ini akan berhadapan dengan kompetitor seperti Honda HR-V 1.8L dan Mazda CX-3. “Harga akan berkisar di angka Rp 450 juta hingga Rp 500 juta,” ujar sumber Tempo yang enggan disebutkan namanya.

Operation Manager Astrido Toyota, dealer Toyota, Budi Anthony mengakui saat ini sudah banyak konsumen yang menanyakan tentang Toyota C-HR. “Tapi kami belum boleh jualan. Sabar, tunggu sebentar lagi,” kata Budi di sela-sela acara pelepasan touring MPV Toyota lintas negara Indonesia-Timor Leste, Kamis, 29 Maret 2018.

Model selanjutnya adalah Suzuki Ertiga. Bocoran informasi soal Suzuki Ertiga terbaru ini dilontarkan Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia Osamu Iwaba saat acara Mitsubishi Xpander media test drive di Yogyakarta awal Maret lalu. Iwaba mengatakan bahwa persaingan di kelas Low SUV akan semakin ketat karena merk lain mulai mengeluarkan model terbaru. Ia menyebut Suzuki Ertiga terbaru akan meluncur.

Sumber Tempo di Suzuki Indomobil Sales (SIS) tak membantah ketika ditanya tentang rencana peluncuran model terbaru Suzuki Ertiga ini. “Tunggu undangan peluncurannya,” ujarnya.

Suzuki Ertiga terbaru ramai diberitakan di dunia maya. Model terbarunya tertangkap kamera sedang diuji di jalanan di India beberapa waktu lalu. Secara keseluruhan, Suzuki Ertiga terbaru tampil beda dengan model yang sekarang ini dipasarkan. Dimensinya bertambah besar dan lebih panjang, yang kemungkinan besar karena ingin memberikan ruang kabin lebih lapang untuk penumpang.

Bagaimana dengan Toyota Avanza yang penjualan wholesales-nya disalip Mitsubishi Xpander? Belum ada rencana untuk model baru. Kepastian ini disampaikan petinggi PT Toyota Astra Motor dalam berbagai kesempatan.

“Belum ada rencana untuk model terbaru Toyota Avanza. Kami masih fokus ke pengiriman unit All New Toyota Rush karena peminatnya melebihi target yang kami perkirakan,” kata Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT TAM di berbagai kesempatan.

Meski demikian, Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata memberikan isyarat akan meluncurkan produk terbaru untuk memperkuat pasar Toyota di Indonesia. “Kami sedang mempersiapkan beberapa produk terbaru. Beberapa sudah diluncurkan dan masih ada beberapa lagi untuk produk baru maupun versi facelift,” kata Nakata di Jakarta, Kamis, 29 Maret 2018.

Satu model lagi yang bakal meluncur di pasar Indonesia SokonGlory 580. Sebuah SUV yang sebenarnya sudah diperkenalkan akhir tahun lalu berbarengan peresmian pabrik Sokon di Serang, Banten. Model ini menyasar kelas SUV menengah yang dihuni Honda CR-V, Nissan X-Trail, ToyotaFortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport.

Honda CR-V merupakan model terdekat yang menjadi sasaran mobil yang diproduksi pabrikan Cina ini. Secara dimensi, Sokon Glory 580 tak berbeda jauh dengan Honda CR-V. Dapur pacu sama-sama menggunakan mesin 1.5L turbo. Sama-sama 7 seater.

CEO Sokonindo Automobile Alexander Barus pada November 2017 mengatakan bahwa Indonesia akan menjadi basis produksi Sokon Glory 580 setir kanan dan diekspor ke negara-negara kawasan regional. “Ke depan, dari Indonesia akan diekspor ke lebih banyak negara di Eropa, Afrika, Asia, Austria, dan Amerika,” kata Alexander Barus di sela-sela peresmian pabrik.

Ketika itu Alex berjanji akan merilis harga resmi untuk Sokon Glory 580 pada Februari 2018 (soal waktu ini ternyata meleset dan diperkirakan pada April 2018), tepat pada saat peluncuran resmi. Meski demikian, Alexander memberikan kisaran atau range harga untuk Sokon Glory 580. “Dipasarkan dengan kisaran harga Rp 300-Rp 350 juta,” ujarnya.

Harga ini terpaut jauh dibanding harga Honda CR-V yang saat diluncurkan pada April 2017 dilepas dengan harga mulai dari Rp 466 juta untuk mesin 1.5L turbo.

Ketiga model di atas diperkirakan diluncurkan sebelum pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang akan dimulai pada 19 April 2018. Bisa jadi Suzuki Ertiga terbaru, Toyota C-HR, dan Sokon Glory 580 diluncurkan dalam 1-2 minggu mendatang.

SUMBER : TEMPO.CO

One thought on “Mobil-mobil Baru Ini Menyusul , Toyota C-HR Segera Meluncur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *